Pengikut

Sabtu, 17 November 2012

Bola Voli

BOLA VOLI


Voli adalah olahraga tim di mana dua tim dari enam pemain yang dipisahkan oleh jaring. Setiap tim mencoba untuk mencetak poin dengan landasan bola di lapangan tim lain di bawah aturan terorganisir [1]. Ini telah menjadi bagian dari program resmi Musim Panas Olimpiade sejak tahun 1964.


Sebuah adegan Voli bermain di desa Ervadi.
Aturan lengkap yang luas Tetapi hanya, bermain hasil sebagai berikut:. Pemain di salah satu tim memulai 'reli' dengan melayani bola (melempar atau melepaskannya dan kemudian memukul dengan tangan atau lengan), dari belakang punggung Garis batas dari pengadilan, melewati net, dan ke pengadilan tim penerima. Tim penerima tidak harus membiarkan bola didasarkan dalam pengadilan mereka. Tim dapat menyentuh bola sampai 3 kali tapi pemain individu tidak dapat menyentuh bola dua kali berurutan Biasanya, dua yang pertama menyentuh digunakan untuk diatur untuk serangan, upaya untuk mengarahkan bola kembali melewati net sedemikian rupa sehingga tim tidak dapat melayani mencegah dari yang didasarkan di pengadilan mereka..
Rally berlanjut, dengan masing-masing tim diperbolehkan sebanyak tiga sentuhan berturut-turut, sampai baik (1): tim membuat membunuh, landasan bola di lapangan lawan dan memenangkan reli, atau (2): tim melakukan kesalahan dan .. kehilangan rally Tim yang memenangkan reli diberikan titik, dan berfungsi bola untuk memulai reli berikutnya Beberapa kesalahan yang paling umum termasuk:

  • menyebabkan bola menyentuh tanah di luar pengadilan lawan 'atau tanpa melewati terlebih dahulu melewati net;
  • menangkap dan melempar bola;


  • double hit : dua kontak berturut-turut dengan bola yang dibuat oleh pemain yang sama;
  • empat kontak berturut-turut dengan bola yang dibuat oleh tim yang sama.
  • net foul: menyentuh net saat bermain.
  • foot foul: kaki menyilang garis batas ketika melayani

Bola biasanya dimainkan dengan tangan atau lengan, tapi pemain bisa menyerang secara hukum atau mendorong (kontak pendek) bola dengan setiap bagian dari tubuh.
Sejumlah teknik yang konsisten telah berkembang di voli, termasuk spiking dan memblokir (karena memainkan dibuat di atas bagian atas jaring, melompat vertikal merupakan keterampilan atletik ditekankan dalam olahraga) serta lulus, pengaturan, dan posisi pemain khusus dan struktur ofensif dan defensif.

SEJARAH


Pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (USA), William G. Morgan, seorang direktur YMCA pendidikan fisik, menciptakan sebuah permainan baru bernama Mintonette sebagai hobi untuk dimainkan (sebaiknya) dalam ruangan dan oleh sejumlah pemain. Permainan mengambil beberapa karakteristik dari tenis dan bola tangan lain olahraga indoor, basket, sedang penangkapan di daerah, yang telah diciptakan hanya sepuluh mil (enam belas kilometer) jauhnya di kota Springfield, Massachusetts, hanya empat tahun sebelumnya.. Mintonette dirancang menjadi olahraga indoor, kurang kasar dari basket, bagi anggota yang lebih tua dari YMCA, sementara masih membutuhkan sedikit usaha atletik.
William G. Morgan

Aturan pertama, ditulis oleh William G Morgan, menyerukan 6 net ft 6 in (1,98 m) tinggi, 25 × 50 ft (7,6 × 15,2 m) pengadilan, dan sejumlah pemain. Sebuah pertandingan yang terdiri dari sembilan inning dengan tiga berfungsi untuk setiap tim di setiap inning, dan tidak ada batasan untuk jumlah kontak bola untuk setiap tim sebelum mengirim bola ke pengadilan lawan 'dalam kasus kesalahan melayani, mencoba kedua diizinkan.. Memukul bola ke net dianggap pelanggaran (dengan hilangnya titik atau sisi-out)-kecuali dalam kasus yang pertama-coba melayani.
Setelah seorang pengamat, Alfred Halstead, melihat sifat volleying permainan pada pertandingan eksibisi pertamanya pada tahun 1896, bermain di Sekolah Pelatihan YMCA International (sekarang disebut Springfield College), permainan cepat menjadi dikenal sebagai voli (awalnya dieja sebagai dua kata:. "bola voli") voli aturan yang sedikit dimodifikasi oleh Sekolah Pelatihan YMCA International dan penyebaran permainan di seluruh negeri untuk berbagai YMCA


Perbaikan dan perkembangan selanjutnya

 Bola resmi pertama digunakan di voli masih diperdebatkan, beberapa sumber mengatakan bahwa Spalding menciptakan bola resmi pertama pada tahun 1896, sementara yang lain mengklaim itu dibuat pada tahun 1900 . Aturan berevolusi dari waktu ke waktu: di Filipina pada tahun 1916, keterampilan dan kekuatan set dan spike telah diperkenalkan, dan empat tahun kemudian "tiga hits" aturan dan peraturan yang melarang memukul dari barisan belakang didirikan. pada tahun 1917, permainan itu berubah 21-15 poin pada tahun 1919,. sekitar 16.000 volleyballs didistribusikan oleh Pasukan Ekspedisi Amerika untuk pasukan mereka dan sekutu, yang memicu pertumbuhan voli di negara-negara baru.
Negara pertama di luar Amerika Serikat untuk mengadopsi voli adalah Kanada pada tahun 1900.  Sebuah federasi internasional, Fédération Internationale de Volleyball (FIVB), didirikan pada tahun 1947, dan Kejuaraan Dunia pertama diadakan pada tahun 1949 untuk laki-laki dan 1952 untuk perempuan. olahraga ini sekarang populer di Brazil, di Eropa (terutama di mana Italia, Belanda, dan negara-negara dari Eropa Timur telah kekuatan utama sejak 1980-an), di Rusia, dan di negara-negara lain termasuk China dan sisanya Asia, serta di Amerika Serikat .
Voli pantai, variasi dari permainan yang dimainkan di atas pasir dan dengan hanya dua pemain setiap tim, menjadi variasi FIVB-disahkan pada tahun 1987 dan ditambahkan ke program Olimpiade pada Olimpiade 1996 . Voli juga merupakan olahraga di Paralimpiade dikelola oleh Organisasi Dunia voli untuk penyandang cacat.


Aturan permainan



  • Lapangan voli ,Sebuah lapangan voli adalah 18 m (59 kaki) panjang dan 9 m (29,5 kaki) lebar, dibagi menjadi 9 × 9 m bagian m oleh satu meter-(40-inci) lebar bersih. Bagian atas net adalah 2,43 m ( 7 ft 11 5/8) di atas pusat pengadilan untuk kompetisi pria, dan 2,24 m (7 ft 4 1/8) untuk kompetisi perempuan, bervariasi untuk veteran dan kompetisi junior . ebuah garis 3 m (9,84 kaki) dari dan sejajar dengan net dianggap sebagai "serangan baris" Ini "3 meter" (atau "10 kaki") garis membagi pengadilan menjadi "barisan belakang" dan "barisan depan" daerah. ( juga kembali pengadilan dan pengadilan depan) Ini pada gilirannya dibagi menjadi 3 daerah masing-masing:. ini diberi nomor sebagai berikut, mulai dari daerah "1", yang merupakan posisi pemain melayani .Setelah tim keuntungan melayani (juga dikenal sebagai keluar berpihak), anggotanya harus memutar searah jarum jam, dengan pemain sebelumnya di daerah "2" pindah ke daerah "1" dan seterusnya, dengan pemain dari daerah "1" pindah ke daerah "6". Wasit Tim dikelilingi oleh daerah yang disebut zona bebas yang merupakan minimal 3 meter dan lebar yang pemain dapat masuk dan bermain dalam setelah pelayanan bola  Semua garis yang menunjukkan batas-batas pengadilan tim dan. zona serangan diambil atau dicat dalam dimensi daerah dan karena itu bagian dari pengadilan atau zona Jika bola datang dalam kontak dengan garis, bola dianggap "dalam".. Sebuah antena ditempatkan di setiap sisi dari tegak lurus bersih untuk sideline dan merupakan perpanjangan vertikal dari batas sisi pengadilan. Sebuah bola melewati net harus lulus sepenuhnya antara antena (atau ekstensi teoretis mereka ke langit-langit) tanpa perlu menghubungi mereka.


  • Bola  ,  FIVB peraturan negara bahwa bola harus bulat, terbuat dari kulit atau kulit sintetis, memiliki lingkar 65-67 cm, berat 260-280 g dan tekanan dalam 0,30-0,325 kg/cm2. mengatur Lain Tubuh memiliki peraturan serupa.



  • Permainan   ,  Setiap tim terdiri dari enam pemain Untuk memutar dimulai, tim dipilih untuk melayani dengan toss koin.. Seorang pemain dari tim melayani melempar bola ke udara dan mencoba untuk memukul bola sehingga melewati net pada kursus tersebut bahwa itu akan mendarat di pengadilan tim lawan (serve). Tim lawan harus menggunakan kombinasi tidak lebih dari tiga kontak dengan bola voli untuk mengembalikan bola ke sisi lawan dari net. Kontak-kontak biasanya terdiri pertama benjolan atau lulus sehingga lintasan bola ditujukan terhadap pemain yang ditunjuk sebagai setter, kedua set (biasanya lulus over-tangan menggunakan pergelangan tangan untuk mendorong jari-tips di bola) oleh setter sehingga lintasan bola yang ditujukan terhadap tempat di mana salah satu pemain yang ditunjuk sebagai penyerang bisa memukulnya, dan ketiga oleh penyerang yang paku (melompat, mengangkat satu lengan di atas kepala dan memukul bola sehingga akan bergerak cepat turun ke tanah di lapangan lawan) untuk mengembalikan bola melewati net. Tim dengan kepemilikan bola yang mencoba untuk menyerang bola seperti yang dijelaskan dikatakan pada pelanggaran . Tim pada upaya pertahanan untuk mencegah penyerang dari mengarahkan bola ke pengadilan mereka:. Pemain di melompat bersih dan mencapai di atas puncak (dan jika mungkin, di pesawat) dari jaring untuk memblokir bola menyerang Jika bola terkena sekitar, di atas, atau melalui blok, pemain defensif diatur dalam sisa upaya pengadilan untuk mengontrol bola dengan penggalian (biasanya lulus kedepan-lengan bola keras-driven). Setelah menggali sukses, tim transisi dengan pelanggaran. Permainan berlanjut dengan cara ini, mengerahkan bolak-balik, sampai bola menyentuh pengadilan dalam batas-batas atau sampai melakukan kesalahan. Kesalahan yang paling sering dibuat adalah yang baik untuk gagal mengembalikan bola melewati net dalam tiga diperbolehkan menyentuh, atau menyebabkan bola mendarat di luar pengadilan. bola adalah "dalam" jika ada bagian dari itu menyentuh sampingan atau akhir-line, dan lonjakan yang kuat dapat menekan bola cukup ketika mendarat bahwa bola yang pada awalnya tampaknya akan keluar sebenarnya bisa masuk Pemain dapat melakukan perjalanan baik di luar pengadilan untuk bermain bola yang telah pergi selama sampingan atau akhir-line di udara. Kesalahan umum lainnya termasuk pemain menyentuh bola dua kali berturut-turut, pemain "menangkap" bola, pemain menyentuh net ketika mencoba untuk bermain bola, atau pemain menembus di bawah jaring ke pengadilan lawan. Ada sejumlah besar kesalahan lainnya yang ditentukan dalam aturan, meskipun kebanyakan dari mereka adalah kejadian jarang terjadi. Kesalahan ini termasuk pemain back-baris atau libero spiking bola atau memblokir (back-baris pemain dapat spike bola jika mereka melompat dari belakang garis serangan), pemain tidak berada di posisi yang benar ketika bola disajikan, menyerang servis di pengadilan depan dan di atas ketinggian bersih, menggunakan pemain lain sebagai sumber dukungan untuk mencapai bola, melangkahi garis batas belakang ketika melayani, mengambil lebih dari 8 detik untuk melayani, atau bermain bola ketika berada di atas pengadilan lawan.



  • Scoring ,  Ketika kontak bola lantai dalam batas-batas pengadilan atau melakukan kesalahan, tim yang tidak membuat kesalahan diberikan titik, apakah mereka melayani bola atau tidak. Jika bola menyentuh garis, bola dihitung sebagai dalam . Tim yang memenangkan titik berfungsi untuk titik berikutnya Jika tim yang memenangkan titik bertugas di titik sebelumnya, pemain yang sama berfungsi lagi.. Jika tim yang memenangkan titik tidak melayani titik sebelumnya, para pemain dari tim memutar posisi mereka di lapangan dengan cara searah jarum jam. Permainan berlanjut, dengan tim pertama yang mencetak 25 poin dengan selisih dua poin diberikan set Pertandingan set adalah best-of-lima dan set kelima,. jika perlu , biasanya dimainkan untuk 15 poin (Scoring berbeda antara liga, turnamen, dan tingkat, sekolah tinggi kadang-kadang bermain best-of-tiga sampai 25;. di NCAA game yang dimainkan best-of-lima sampai 25 pada musim 2008. ) . Sebelum tahun 1999, poin dapat mencetak hanya ketika tim memiliki melayani (side-out scoring) dan semua set naik hanya 15 poin. The FIVB mengubah aturan pada tahun 1999 (dengan perubahan yang wajib di 2000) untuk menggunakan arus scoring system (sebelumnya dikenal sebagai sistem reli poin), terutama untuk membuat panjang pertandingan lebih mudah diprediksi dan untuk membuat permainan lebih penonton-dan televisi-ramah.

  • Libero  ,  pada tahun 1998 pemain libero diperkenalkan internasional , libero adalah pemain khusus dalam keterampilan defensif:. Libero harus memakai warna jersey kontras dari rekan tim nya dan tidak dapat memblokir atau menyerang bola ketika sepenuhnya atas ketinggian bersih. Ketika bola tidak dalam permainan, libero dapat mengganti pemain back-baris, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pejabat pengganti ini tidak dihitung terhadap batas substitusi setiap tim diperbolehkan per set,. meskipun libero dapat diganti hanya oleh pemain yang ia diganti. Libero dapat berfungsi sebagai setter hanya di bawah pembatasan tertentu Jika dia / dia membuat set tinju, ia / dia harus berdiri di belakang (dan tidak menginjak) garis 3 meter, jika tidak, bola tidak bisa diserang di atas bersih di depan garis 3 meter. Sebuah lulus curang diperbolehkan dari setiap bagian dari pengadilan. Libero adalah, pada umumnya, pemain defensif yang paling terampil di tim Ada juga pelacakan libero lembar, di mana wasit atau tim wasit harus melacak siapa subs libero masuk dan keluar untuk.. Kemungkinan hanya ada satu libero per set (game), meskipun mungkin ada libero yang berbeda pada awal setiap set baru (permainan). Selanjutnya, libero yang tidak diperbolehkan untuk service , menurut aturan internasional, dengan pengecualian dari permainan wanita NCAA bola voli, di mana perubahan peraturan 2004 memungkinkan libero untuk melayani, tetapi hanya dalam rotasi tertentu. Artinya, libero hanya dapat melayani untuk satu orang, bukan untuk semua orang untuk siapa ia pergi masuk Bahwa perubahan peraturan itu juga diterapkan untuk SMA dan SMP bermain segera setelah.

  • Perubahan aturan akhir akhir ini . Perubahan aturan lain yang berlaku pada tahun 2000 termasuk memungkinkan melayani di mana bola menyentuh net, asalkan berjalan melewati net ke pengadilan lawan '. Juga, area layanan diperluas untuk memungkinkan pemain untuk melayani dari mana saja di belakang garis akhir tetapi masih dalam perpanjangan teoritis dari sela-sela Perubahan lain yang. dibuat untuk meringankan panggilan pada kesalahan untuk karies dan double-sentuhan, seperti memungkinkan beberapa kontak oleh pemain tunggal ("double-hit") pada kontak pertama tim asalkan mereka adalah bagian dari sebuah drama tunggal pada bola. Pada tahun 2008, NCAA mengubah jumlah minimum poin yang dibutuhkan untuk memenangkan salah satu dari empat set pertama 30-25 untuk perempuan voli (putra voli tetap di 30.) Jika seperlima (memutuskan) set tercapai, nilai minimum yang diperlukan tetap pada 15 Selain itu,. kata "permainan" yang sekarang disebut sebagai "set".  Perubahan aturan telah dipelajari dan diumumkan oleh FIVB dalam beberapa tahun terakhir, dan mereka telah merilis aturan diperbarui pada tahun 2009.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar